Resep Donat lembut, tanpa bikin biang Anti Gagal

  • 3 min read
  • May 05, 2021

Donat lembut, tanpa bikin biang. Lihat juga resep Donat lembut, tanpa bikin biang enak lainnya. Donat juga cocok menemani waktu kebersamaan dengan keluarga dan teman sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Selain itu donat juga bisa jadi pengganjal perut kala siang hari menanti jam makan siang.

Mencicipi donat lembut (Foto: Instagram @resepjajananpasar) JAKARTA, iNews.id – Donat menjadi salah satu camilan yang digemari banyak orang. Biasanya, donat disajikan dengan toping cokelat, keju, selai stroberi dan lainnya. Ngadon juga gak sampe Kalis, tapi Lembut banget.tanpa bikin biang juga.

Lagi mencari inspirasi resep donat lembut, tanpa bikin biang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat lembut, tanpa bikin biang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Donat lembut, tanpa bikin biang enak lainnya. Donat juga cocok menemani waktu kebersamaan dengan keluarga dan teman sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Selain itu donat juga bisa jadi pengganjal perut kala siang hari menanti jam makan siang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat lembut, tanpa bikin biang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan donat lembut, tanpa bikin biang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah donat lembut, tanpa bikin biang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Donat lembut, tanpa bikin biang memakai 6 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Donat lembut, tanpa bikin biang:

  1. Siapkan 2 gelas belimbing tepung terigu.
  2. Sediakan 1/2 sdm ragi (fer*Ipan).
  3. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  4. Ambil 2 sdm margarin (fo*Vita).
  5. Ambil Seujung sdt garam.
  6. Gunakan Secukupnya air biasa.

Donat ini asli lembutnya padahal gak pake telur ataupun bread improver. Ini percobaan kedua, dulu pernah bikin kurang berasa jagungnya karena jumlah jagung yang dimasukkan hanya sedikit, tapi lembut banget. Akhirnya saya tambahkan jagungnya ke adonan biang supaya jumlah jagungnya lebih banyak, tanpa membuat adonan kelembekan. Aduk rata semua bahan adonan kecuali margarin, lalu masukkan biang yang telah aktif atau berbuih tadi.

Cara menyiapkan Donat lembut, tanpa bikin biang:

  1. Ayak tepung terigu, tambahkan gula pasir, ragi, tambahkan air biasa sedikit demi sedikit. (Saya lupa gak ditakar, karena udah malem. Buru┬▓­čśü). Remas┬▓ sampe gak ada yang dirasa bergerindil. Saya sengaja agak tak lembekin dikit. Nanti pas masuk margarin kelembekannya berkurang kok..
  2. Masukkan margarin dan garam. Uleni bentar aja sampai campur. Saya gak sampe kalis.Oles tangan dgn minyak goreng untuk ngambil adonan. Pindahkan ke wadah yg udah dioles minyak goreng. Bulatkan dgn cara tarik dgn jempol, kumpulin jd 1 dibawah..
  3. Tutup dgn serbet kering. Biarkan di ruang bersuhu panas. Jangan ber AC..
  4. Setengah jam udah ngembang. Tinju buat buang gas. Ulen LG sebentar, jgn lama┬▓. Potong adonan dgn pisau kue plastik sesuai selera.(jangan membagi adonan dgn cara ditarik). Saya jadi 12, hanya kira┬▓. Tanpa timbangan.
  5. Bulatkan dgn cara yg sama. tutup dgn serbet kering LG. Biarkan setengah jam. Ini hasilnya. Ngembang halus ppermukaannya..
  6. Goreng. Lubangi donat saat mau nyemplung minyak ya. Goreng adonan yg paling awal dibulat┬▓ kan..
  7. Cukup sekali balik aja. Biar gak ngeresep minyak. Balik dgn tusuk sate atau sumpit..
  8. Gak usah gosong┬▓ gorengnya. Kalo minyak udah anteng, angkat donat..

Masukkan margarin dan lanjutkan uleni adonan sampai kalis. Bukan tanpa alasan, karena donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang lebih lembut dibanding dengan donat terigu. Namun jangan salah, saat ini ada cara membuat donat yang empuk dan mengembang sempurna walaupun tanpa kentang loh! Seperti resep dan cara membuat donat tanpa kentang yang doyanresep.com bagikan kali ini. Resep Cara Mudah Membuat Donat yang Enak dan Empuk – Donat merupakan kue yang sudah terkenal di Indonesia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat donat lembut, tanpa bikin biang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *